CNC Plasma Cutting – Pengertian CNC dalam hal ini lebih banyak menggantikan pekerjaan operator dalam mesin perkakas konvensional. Misalnya pekerjaan setting tool atau mengatur gerakan pahat sampai pada posisi siap memotong, gerakan pemotongan dan gerakan kembali keposisi awal, dan lain-lain.

Mesin perkakas CNC dilengkapi dengan berbagai alat potong yang dapat membuat benda kerja secara presisi dan dapat melakukan interpolasi yang diarahkan secara numerik (berdasarkan angka). Parameter sistem operasi CNC dapat diubah melalui program perangkat lunak (software load program) yang sesuai.

Pengertian Plasma – Plasma adalah suatu bentuk fase zat ke-4 setelah fase padat, cair, dan gas. Jika ditambahkan kalor, es akan berubah wujud dari padat ke cair, dan jika diberikan kalor berlebih maka zat cair tersebut akan berubah menjadi uap. Jika Uap tersebut ditambahkan kalor lagi maka akan berubah menjadi wujud plasma.

Plasma Cutting

Merupakan salah satu proses permesinan non konvensional yang memanfaatkan gas yang terionisasi menjadi penghantar listrik dan dialirkan menuju busur wolfram dengan suhu yang sangat tinggi yang digunakan untuk memotong material yang umumnya terbuat dari logam.

Prinsip Kerja CNC Plasma Cutting

1. Proses Plasma Arc Cutting diawali dengan terbentuknya busur wolfram (arc) di antara elektroda dan benda kerja dari hasil reaksi ionisasi listrik terhadap gas potong yang sangat konduktif.
2. Gas dipanaskan oleh busur wolfram hingga suhunya meningkat sangat tinggi lalu gas akan terionisasi dan menjadi penghantar listrik.
3. Gas dalam kondisi ini disebut plasma. Plasma ini dialirkan melalui nosel untuk melakukan pemotongan benda kerja.
4. Akibat konsentrasi energi dari plasma maka bagian benda kerja tersebut akan mencair dengan cepat.
5. Ketika aliran gas meninggalkan nosel, gas berkembang cepat membawa serta logam cair, sehingga proses pemotongan berjalan terus.

Kelebihan CNC Plasma Cutting

1. Dapat memotong berbagai macam logam seperti Baja Karbon, Aluminium, Stainless Stell, paduan nikel, kuningan, tembaga, tungsten, tembaga, besi cor, titanium, dan zirconium.
2. Mampu memotong logam yang bertebal 150 mm
3. Mudah dioperasikan bagi operator yang baru menggunakannya.
4. Biaya operasi dan perawatan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pemotongan dengan laser atau oxy-fuel.

Kelemahan CNC Plasma Cutting

1. Memiliki Zona efek pemanasan (Heat Affected Zone/HAZ) yang luas
2. Hasil akhirnya permukaan kasar disekitar proses pemotongan
3. pemotongan yang tajam
4. Berasap dan bising

admin

This is a paragraph.It is justify aligned. It gets really mad when people associate it with Justin Timberlake. Typically, justified is pretty straight laced. It likes everything to be in its place and not all cattywampus like the rest of the aligns. I am not saying that makes it better than the rest of the aligns, but it does tend to put off more of an elitist attitude.